Kamis, 13 Mei 2010

Jenis-jenis melati

Bunga Jasminum polyanthum.

Di antara 200 jenis melati yang telah diidentifikasi oleh para ahli botani baru sekitar 9 jenis melati yang umum dibudidayakan dan terdapat delapan jenis melati yang potensial untuk dijadikan tanaman hias. Sebagian besar jenis melati tumbuh liar di hutan-hutan karena belum terungkap potensi ekonomi dan sosialnya. Tanaman melati termasuk suku melati-melatian atau Oleaceae.

Jenis, varietas dan ciri-ciri penting (karakteristik) tanaman melati adalah sebagai berikut:

Adapun jenis dan varietes Melati yang ada di Pulau Jawa antara lain:

1 komentar:

janjanesopo mengatakan...

Jasminum sambac (Melati Putih), antara lain varietas: 'Maid of Orleans', 'Grand Duke of Tuscany', menur dan 'Rose Pikeke'
....apa hubungannya menur sama melati, bukan kah keduanya bunga yang berbeda? btw, sesungguhnya saya masih sangat awam soal tetumbuhan. meskipun saya selalu tertarik untuk mengenal lebih jauh. oleh karena keterbatasan referensi serta kurangnya daya dukung lingkungan tempat saya tumbuh belaka, maka mohon dimaafkan bila hingga saat ini bahkan tentang menurpun saya hanya sebatas mendengarnya saja tanpa pernah tahu.... siapa, sih, sesungguhnya menur?

*awalanya, saya agak berharap banyak dengan mas google atau mbak wiki, tapi, entah mengapa mereka berduapun ternyata nggak bisa terlalu banyak diharapkan. buktinya, hasil gerilya pencarian saya di laman mereka, selama ini, kali berkali lagi mengantarkan pada blog ini. apa yang bisa saya lakukan?
saya rasa, sekedar tersenyum gembira dan bersyukur serta berterimakasih, belumlah apa-apa, belum mampu mengalihkan rasa penasaran saya yang telanjur terusik atas kenyataaan bahwa saya masih tetap belum tahu siapa sesungguhnya si menur ini? bahkan ketika saya sudah dan sedang membuka serta membaca blognya nia prasetya dewi....ampunnnnn.....lalu kenapa nggak sekalian saja saya memberanikan diri bertanya langsung pada yang dirujukkan mas google dan mbak wiki pada saya, ok?

Posting Komentar